Wanita Iran Sempat Tidak Diperbolehkan Menjadi Supporter Sepak Bola, Kenapa Hal Ini Bisa Terjadi?

Gianni Infantino di Iran
No Comments

Pada tahun 2013 lalu, terjadi sebuah tragedi yang terjadi di Teheran Iran. Tragedi ini berkaitan dengan sepak bola. Pada suatu waktu pemerintahan Iran pernah menangkap 35 penonton atau supporter bola wanita yang menyebabkan masalah ketika pertandingan bola berlangsung. Kemudian di tahun 2013 tersebut datanglah FIFA sebagai organisasi sepak bola dunia yang diharapkan dapat membantu warga masyarakat Iran khususnya wanita untuk bisa juga ikut berpartisipasi dalam mendukung dan menonton acara sepak bola di stadion yang ada di Teheran, Iran.

Kelompok Hak Asasi Manusia yang bertempat di Iran ini mengatakan bahwa komitmen yang sama terhadap akses perempuan untuk menonton sekaligus mendukung sepak bola Iran dilakukan kepada pejabat FIFA saat berkunjung ke Teheran pada tahun 2013. Kemudian para aktivis dari kelompok Hak Asasi Manusia meminta agar perempuan bisa hadir dalam pertandingan di tanggal 1 Maret 2013 supaya dapat menarik perhatian dari pejabat FIFA saat berkunjung dan mendatangi Reuters.

Presiden Iran yang bernama Hassan Rouhani telah memberikan laporan bahwa beliau akan mengizinkan para perempuan di negara Iran untuk dapat menghadiri pertandingan sepak bola yang berlangsung di salah satu stadion yang ada di Teheran, Iran. Kemudian di hari Jumat, Presiden FIFA yang bernama Gianni Infantino sempat mengatakan kepada para wartawan bahwa beliau telah bersepakat dengan Rouhani selaku Presiden Iran dengan membahas rencana pemerintah untuk mencabut larangan lama mengenai hukum perempuan menghadiri dan memberi dukungan terhadap olahraga yang dimainkan oleh para laki – laki. Keduanya bertemu tepat pada tanggal 1 Maret 2013 di Teheran, di hari yang sama saat 35 wanita Iran ditahan dengan alasan 35 wanita tersebut mencoba menyelinap dalam pertandingan Esteqlal VS Persepolis. Dan di saat itu pula acara pertandingan bola tersebut dihadiri oleh Infantino selaku pemain utama sepak bola di Iran.

Infantino juga sempat mengajukan pendapatnya bahwa ia berjanji dan akan berusaha supaya para wanita Iran dapat segera mendapatkan akses dalam menghadiri dan mendukung pemain sepak bola Iran di stadion. Memang negara Iran sendiri memiliki peraturan yang sangat ketat, termasuk wanita dan laki – laki dilarang mengikuti atau menghadiri olahraga yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *