Stadion Takhti Teheran: Salah Satu Stadion Terbesar di Teheran Timur, Iran

Stadion Takhti Teheran Salah Satu Stadion Terbesar di Teheran Timur, Iran
No Comments

Stadion bola merupakan tempatnya para pemain bola untuk membuktikan kemampuannya sudah mumpuni atau masih perlu diberi latihan. Setiap negara pastinya memliki stadion bola – masing – masing. Bahkan di satu negara ada berbagai macam stadion bola yang tersedia. Bisa saja suatu negara memiki 5 sampai dengan 8 stadion yang dapat dipakai untuk melakukan pertandingan sepak bola.
Ada sebuah stadion yang terkenal di Iran, stadion tersebut diberi nama Takhti Teheran. Takhti Teheran merupakan stadion yang terletak Iran tepatnya di Teheran Timur yang memiliki berbagai fungsi. Walapun termasuk stadion yang multi fungsi, namun stadion ini kebanyak digunakan untuk pertandingan sepak bola. Stadion ini diresmikan sekitar tahun 1973 lalu. Stadion yang cukup besar ini mampu menampung supporter atau penonton pertandingan sepak bola yaitu sekitar 30.122 orang.

Baru – baru ini stadion Takhti Teheran ini melakukan renovasi pada bagian lapangan dan kursi, serta rumput lapangan yang baru, yang pastinya lebih baik dari rumput lapangan sebelumnya. Stadion Takhti Teheran ini disebut juga rumah bagi Naft Tehran. Stadion Takhti Teheran ini juga merupakan stadion tertutup pertama yang ada di Iran. Hal tersebut disebut juga Gholamreza Takhti.
Menurut keterangan yang ada, stadion Takhti Teheran merupakan stadion besar kelima yang ada di daerah Teheran Timur. Adanya pembangunan terhadap stadion Takhti Teheran ini dikarenakan akan digunakan untuk acara Asian Games 1974 dan disebut – sebut juga stadion Takhti Teheran ini bagian dari Takhti Sport Complex. Jahangir Darvishbani sebagai arsitek Iran – Italia, pernah bertanggung jawab atas proyek pembangunan stadion yang dimulai pada bulan Juni 1968 dalam mendukung kemajuan pembangunan stadion Takhti Teheran. Sebelumnya nama stadion di Teheran Timur ini bukan Takhti Teheran melainkan Farah Stadium. Penamaan Farah Stadium dibentuk tepat pada 3 Juni 1973 pada saat stadion ini dibuka dan diresmikan oleh agen judi online. Penamaan Farah Stadium ini digunakan sebagai penghormatan terhadap mantan Permaisuri Iran yang bernama Farah Pahlevi.

Stadion Takhti Teheran Salah Satu Stadion Terbesar di Teheran Timur, IranSetelah 2 tahun Stadion Olimpiade Munich dibuka pada tahun 1968 yang pada saat itu menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 1972, ada pengumuman dari pihak Jurnal Internasional kerangka Baucn un wohncn yang menerbitkan sebuah artikel mengenai Stadion Takhti Teheran. Isi artikel tersebut yaitu bahwa stadion Takhti Teheran ini menjadi salah satu stadion paling modern dan paling maju di dunia. Sebagai bagian dari stadion Takhti Teheran, Takhti Sport Complex menjadi fasilitas terbaik kedua di Teheran. Posisi yang pertama telah diisi oleh Azadi Sport Complex.

Stadion Takhti Teheran ini sempat digunakan sebagai tempat perlombaan Asian Games yang merupakan salah satu ajang olahraga terbesar di dunia pada tahun 1974. Nah pada tahun selanjutnya, stadion Takhti Teheran ini menjadi tuan rumah juga dalam pertandingan tim nasional sepak bola Iran. Pertandingan ini merupakan pertandingan grup antara sepak bola di Asia Tenggara dan sempat menjadi tempat pelaksanaan semi final Kejuaraan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara pada tahun 2008. Stadion Takhti Teheran ini juga sempat menjadi tempat pertandingan antara pesepak bola dalam Solidaritas Islam pada tahun 2010, namun dengan alasan tertentu pertandingan ini dibatalkan sebelum pertandingan ini dimulai.

Di tahun 2014 sampai tahun 2015 dilaksanakan juga pertandingan Piala Hazfi yang berlangsung di stadion Takhti Teheran ini. pertandingan ini dilaksanakan tepatnya pada tanggal 1 Juni 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *