Stadion Azadi: Stadion Milik Teheran Terbesar Ke-10 di Dunia

Stadion Azadi Stadion Milik Teheran Terbesar Ke-10 di Dunia
No Comments

Stadion Azadi yang berada di daerah Teheran, Iran merupakan stadion sepak bola all seater. Stadion ini awalnya bukan bernama Stadion Azadi melainkan bernama Stadion Aryamehr. Pembangunan stadion Azadi ini dirancang oleh SOM. SOM sendiri merupakan sebuah badan arsitektur, perencanaan kota, serta firma teknik yang berasal dari Amerika. Stadion Azadi ini diresmikan langsung pada tanggal 18 Oktober tahun 1971 pada saat Mohammad Reza Pahlavi menjadi Shah terakhir di Iran. Sedangkan pada saat ini, stadion Azadi ini kini milik Esteghlal dan Persepolis.

Stadion Azadi ini bisa dibilang sebagai rumah bagi tim nasional sepak bola Iran. Stadion ini memiliki kapasitas untuk penonton yang sangat banyak yaitu sekitar 100.000 penonton. Terkadang juga stadion Azadi ini menampung lebih dari jumlah penonton maksimum yang ada. Stadion ini bida dibilang merupakan stadion terbesar di Teheran, Iran. Hal ini dikarenakan adanya komplek Olahraga Azadi yang berukuran lebih besar. Fasilitasnya juga sangat lengkap dan mendukung segala jenis olahraga seperti sungai dayung untuk olahragawan pendayung, kemudian pastinya ada lapangan latihan sepak bola, ada juga kolam renang yang dapat digunakan perenang untuk menjalani latihan renang yang ada supaya kemampuan renangnya dapat diukur dan meningkat har demi hari. Lapangan voli dan lapangan futsal juga tersedia di komplek olahraga Azadi ini. Jadi apabila atlet ingin latihan bermain voli dan futsal bisa langsung datang ke komplek olahraga Azadi ini.

Stadion Azadi Stadion Milik TeheranSebelum resmi dinamai stadion Azadi, stadion ini pernah memiliki sejarah penamaan yaitu nama pertama yang digunakan adalah stadion Aryamehr. Kata Aryamehr sendiri memiliki arti “Terang bangsa Arya”. Kemudian setelah negara Iran mengalami revolusi maka digantilah nama stadion ini menjad stadion Azadi. Kata Azadi juga memiliki arti yaitu “kebebasan” menurut bahasa Persia. Stadion Azadi ini termasuk dalam stadion sepak bola terbesar ke 10 dari berbagai stadion yang ada di belahan dunia ini. Stadion Azadi ini dibangun ketika akan menjadi tuan rumah pada perhelatan akbar pada tahun 1974 yaitu acara Asian Games. Kemudian stadion Azadi ini juga sempat menjadi tuan rumah Piala Asia AFC pada tahun 1976. Stadion ini memang menjadi tempat favorit dalam menggelar pertandingan yang besar yang berkelas dunia. Buktinya lagi stadion ini pernah menjadi tuan rumah untuk pertandingan final Liga Champions AFC dalam dua periode sekaligus yaitu pada tahun 1999 dan di tahun 2002.

Stadion Azadi terletak di sebelah barat Teheran tepatnya dekat dengan distrik Ekbatan. Karena letaknya yang berada di tengah – tengah kota maka stadion Azadi ini mudah dijangkau oleh penduduk yang tinggal di kota. Kemudian para pemain poker online yang ingin berkunjung ke stadion ini tidak sulit untuk menjangkaunya juga karena ya memang stadion ini terletak di jantung ibu kota Teheran. Stadion Azadi ini memiliki 2 buah pintu masuk. Pintu masuk pertama ada di sebelah Barat yang terletak di jalan Ferdous. Sedangkan pintu masuk yang kedua ada di sebelah Timur yang terletak di jalan Farhangian. Awalnya stadion Azadi ini dibangun oleh Arme Construction Company dan dirancang oleh Skidmore, Owings and Merrill yang khusus dibangun untuk acara besar yaitu Asian Games ke – 7 pada tahun 1974 yang telah memenuhi standar kriteria Internasional. Lahan seluas 450 Hektar diresmikan di daerah Teheran barat. Stadion Azadi ini menggantikan Stadion Amjadieh sebagai rumah baru bagi tim sepak bola Nasional Iran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *