Kemajuan dalam Dunia Pesepakbolaan Iran yang Kini Telah Melibatkan Pemain Wanita

Dunia Pesepakbolaan Iran
No Comments

Kesetaraan gender di Tehran, Iran sudah mengalami perkembangan yang baik dan maju dari sebelumnya. Apalagi dalam kasus wanita yang ingin menonton sepak bola. Gianni Infantino selaku Presiden FIFA di Teheran mengatakan bahwa beliau bangga dengan adanya kemajuan Iran dalam bidang keolahragaan. Sekarang wanita yang ada di Iran yang ingin mengikuti sekolah bola dan menjadi pemain sepak bola berjumlah 23.000 pemain. Di FIFA sendiri menurut Gianni Infantino bahwa ada beberapa perwakilan perempuan Iran yang sekarang ada di club FIFA. Gianni Infantino juga merasa bangga dengan kemampuan wanita yang ada di Iran yang menjadi pemain sepak bola. Menurutnya permainan sepak bola yang dilakukan oleh wanita – wanita Iran sangatlah fantastis.

Sebelumnya memang terjadi kesenjangan antara wanita dan laki – laki yang ada di Iran. Para wanita yang menyukai olahraga sepak bola dilarang masuk, menghadiri, bahkan ikut berpartisipasi dalam mendukung tim sepak bola kesayangannya. Pernah terjadi juga penangkapan terhadap 35 wanita yang nekat masuk untuk menerobos stadion sepak bola supaya bisa ikut berpartisipasi dalam mendukung tim sepak bola dari Iran yang seperti diketahui oleh agen judi bola Indonesia. Nah, penangkapan ke – 35 wanita ini membuat munculnya kemarahan oleh berbagai pihak yang menyukai bola juga. Kemarahan ini disebut dengan kemarahan Internasional karena melibatkan masyarakat dunia yang tidak setuju dengan adanya ketidakmerataan Hak Asasi Manusia yang ada di Iran.

Negara Iran memang menjadi salah satu negara yang memiliki aturan ketat terhadap kebebasan warga masyarakatnya. Wanita yang hidup dan menetap di negara Iran harus mengikuti pakaian ketat dan kode perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku pada saat tampil di depan umum. Bahkan antara pria dan wanita yang ada pada negara Iran tidak dapat mengikuti olahraga secara bersama – sama. Dan aturan yang lebih ketat lagi bahwa penonton pada acara yang melibatkan lawan jenis yang berbeda. Padahal bagi negara – negara lain di luar Iran, menganggap bahwa aturan ini sangatlah sepele. Dan sesuai denga Hak Asasi Manusia bahwa laki – laki dan perempuan itu memiliki kesetaraan dan hak yang sama dan jangan sampai dibeda – bedakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *